Cahaya matahari tidak bisa ditolak oleh kita yang tinggal di negara khatulistiwa. Namun, kita bisa mengurangi panas yang masuk dengan cara bermacammacam. Salah satunya adalah dengan memilih warna yang tepat untuk rumah, khususnya fasad rumah yang bersentuhan langsung dengan matahari. Dua elemen yang harus diperhatikan warnanya adalah sebagai berikut.

Atap

Atap merupakan bagian yang paling berpengaruh dalam hal ini, karena atap merupakan bagian yang terkena paparan sinarmatahari paling banyak. Sekitar 1/3 panas yang dirasakan di dalam rumah bersumber dari atap. Ada teori yang mengemukakan bahwa warna gelap akan lebih mudah menyerap panas, dan warna terang akan memantulkan panas. Hal Ini dapat diterapkan pada desain atap bangunan. Atap yang berwarna gelap akan menyerap 70–90 % dari seluruh panas matahari yang diterimanya.

Panas ini kemudian akan ditransfer ke dalam ruang. Pada rumah-rumah yang menggunakan material atap tradisional, hal ini memang sulit dikontrol. Atap tradisional cenderung memiliki warna gelap dan tidak begitu saja bisa diubah warnanya dengan pengecatan. Saat ini sudah banyak dipasarkan atap-atap yang lebih banyak menawarkan pilihan warna. Jika ada, pilihlah warna terang. Atap yang sudah ada, jika memungkinkan dapat dicat atau dilapisi semacam bahan waterproofing yang terang.

Dinding Dan Carport

Walaupun dampaknya tidak sebesar atap, usahakan warna dinding, lantai carport, dan elemenelemen lain yang terekspos sinar matahari memiliki warna yang cerah. Putih lebih baik. Untuk cat dinding, warna-warna muda akan lebih tahan lama dibandingkan warna berpigmen banyak yang lebih mudah kusam. Sebuah bentuk penghematan juga, bukan?

Membuat rumah semakin indah dan nyaman adalah tujuan utama setiap pemilik rumah. Apabila dilihat dari luar tampak sebuah rumah bagus sekali dengan warna cat tembok dan genting yang menawan. Dan ketika memasuki ke dalam rumah tersebut kenyamanan juga terasakan melalui warna warni cat dinding.

Namun disamping itu juga lebih lengkap lagi apabila terdapat sebuah genset di rumah sebagai sumber listrik alternatif. Dan harga genset yang murah untuk rumah tangga bisa didapatkan melalui Distributor Genset Silent 500 Kva di Tangerang yang memberikan garansi resmi serta potongan harga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *