Categories
Rumah

Jalan – Jalan Pecinan di Jakarta Bagian 3

PASAR PETAK 9

Lurus terus dari Jalan Perniagan Anda akan menemukan Pasar Petak 9. Pasar ini berada di Jl. Pancoran, tepat di belakang Pasar Glodok. Berada di sini, Anda akan akan merasa berada di dataran Tiongkok. Toko-toko di sini menjual barangbarang khas Tionghoa.

Baca juga : Jual genset 100 Kva di Semarang

Ada toko yang menjual obat-obat tradisional China, ada yang menjual penganan Tionghoa, ada juga yang menjual koran dan buku berbahasa Mandarin. Menjelang perayaan Imlek, pasar ini lebih ramai lagi karena pedagang-pedagang kaki limanya menjual baju cheongsam dan lampion. Serba merah dan meriah.

VIHARA TOE SE BIO

Vihara ini termasuk vihara yang ramai dikunjungi oleh umat Tionghoa untuk bersembahyang dan juga vihara yang ramai dikunjungi wisatawan saat Imlek. Ini disebabkan, saat Imlek, di vihara ini ada arak-arakan TohPehGong.

Karena umurnya sudah cukup tua—dibangun tahun 1714—di vihara ini Anda bisa melihat balok-balok kayu besar pembentuk atap dan kolom. Kayu ini terbuat dari jati yang bertahan hingga sekarang. Jika vihara sebelumnya didominasi oleh lampion, di sini Anda juga bisa menemukan ratusan lilin dan lampu minyak. Di vihara ini juga terdapat pagoda yang terbuat dari lampu minyak.

Di tiap lampu ini terdapat nama-nama umat bertuliskan aksara Tionghoa. Mereka percaya, dengan meletakkan namanya di sini, hidup mereka akan terang seperti lentera.. Dibanding vihara lainnya, umat yang bersembahyang di sini cukup banyak sehingga asap hio lumayan memenuhi vihara ini.

GANG GLORIA

Setelah seharian berpelesiran di Pecinan, tiba saatnya mengisi perut yang keroncongan. Mampirlah ke Gang Gloria terkenal akan kulinernya. Namun bagi Anda yang menganut agama Islam, Anda harus bertanya terlebih dahulu karena menu di sini kebanyakan tak halal. Namun ada beberapa menu seperti asinan dan mi juhi yang bisa Anda makan.

Pilihan lainnya, Anda bisa mengunjungi Kedai Kopi Es Tak Kie. Kedai yang sudah berdiri sejak 1920 ini terkenal akan kenikmatan kopi yang konon tak ada tandingannya di Jakarta. Anda yang muslim, bisa mencicipi es kopi atau es kopi susu dan mencoba kue cubit yang dijajakan di sana. Bagi non-muslim, di sini juga disediakan nasi campur dan berbagai makanan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *