Categories
Rumah

Beberapa Tips untuk Renovasi Fasad

Kami telah menempati rumah selama lebih dari 20 tahun. Saat ini rumah sudah memerlukan perbaikan-perbaikan. Selagi memperbaiki rumah nanti, saya ingin sekalian mengubah/ merenovasi tampak depan atau fasad rumah kami. Kami ingin desain fasad yang dapat bertahan lama dan tidak cepat membuat bosan. Kami menyukai desain klasik, namun apakah cocok untuk untuk rumah kami yang tidak terlalu besar ini?

Perlu diketahui juga, bahwa rumah ini aslinya adalah satu lantai. Kami merenovasi menjadi 2 lantai sebelum menempatinya. Rumah terdiri dari 4 kamar tidur; satu di bawah dan 3 di atas. Kami tidak akan menambah atau mengubah ruangan, namun perlu mengganti rangka atap, dikarenakan telah rusak sebagian besar oleh rayap. Untuk renovasi seperti itu apakah tetap memerlukan pengurusan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)?

Dalam sebuah rumah yang nyaman tak akan lengkap apabila belum memiliki sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif untuk menjaga kenyamanan di dalam rumah ketika listrik dari PLN sedang padam. Untuk itulah Anda bisa memiliki genset dengan harga bersaing dan berkualitas di Distributor Jual Genset 500 Kva di Makassar. Yang memberikan potongan harga bisa dinegosiasikan serta produk bergaransi resmi dan tahan lama.

Dalam merenovasi rumah, selama hanya memperbaiki dan mengganti kerusakan serta tidak mengubah struktur dan tampak bangunan, tidak perlu mengurus/mengajukan IMB. Namun karena Anda akan mengubah fasad atau tampak, IMB harus dilakukan, karena data rumah Anda yang ada di pemerintahan setempat nantinya akan berubah.

Izin perubahan tampak prosesnya akan jauh lebih murah, mudah, dan cepat. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan dipersulit sewaktu mengajukan IMB nanti. Anda mesti lebih menjelaskan desain klasik yang Anda inginkan seperti apa, karena klasik itu banyak sekali ragamnya. Eropa Yunani, Romawi, Rennaisance, Gothic, hingga post modern pun dikategorikan sebagai klasik.

Kalau yang Anda maksud adalah klasik Eropa Yunani/ Romawi dengan kolom-kolom besar diekspos, perlu dipikirkan bahwa untuk menikmati desain klasik tersebut diperlukan ruang yang lebih luas. Tidak hanya ruang untuk bangunannya, namun untuk lingkungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *